Rabu, 02 Maret 2016

Tote Bag

Tote bag merupakan salah satu model tas jinjing berbentuk kotak dan terbuka yang dilengkapi dengan dua buah tali pegangan pada bagian atasnya tote bag sendiri tersedia dalam berbagai macam desain dan ukuran.
Meski kata "tote" yang memiliki arti “untuk membawa” pada awalnya dianggap kurang sesuai untuk mendefinisikan sebuah produk tas, namun pada perkembangannya desain tote bag yang terkesan sederhana tersebut mulai diterima oleh masyarakat sebagai pelengkap gaya fashion yang praktis dan berkelas untuk berbagai aktivitas sehari-hari.
Keberadaan tote bag sendiri konon sudah dikenal sejak lama, tepatnya sejak abad ke 17. Hanya saja fungsi dan pemanfaatannya yang berbeda. Pada masa itu tote bag tidak diidentifikasikan sebagai tas melainkan alat untuk membawa barang-barang.
Barulah pada tahun 1900 tote bag mulai didefinisikan sebagai sebuah tas dan mulai marak digunakan di Amerika sejak LL Bean’s mengeluarkan Boat Bag pada 1944. Tote bag berbahan kain kanvas yang di desain untuk pelaut ini secara garis besar memiliki bentuk yang kokoh dan cenderung sederhana
Pada tahun 1940an, totebag juga banyak digunakan oleh loper koran dan mahasiswa karena sederhana, praktis dan bersifat fungsional. Oleh sebab itulah tote bag tersebut juga pernah disebut sebagai “newsboy bags”.
Hingga akhirnya tote bag yang memiliki julukan lain "truly American classic bags" ini mulai digunakan sebagai tas tangan oleh para wanita pada tahun 1950an. Tote bag yang berkembang pada saat itu lebih banyak digunakan karena alasan fungsinya bukan karena faktor gaya. 
Barulah pada tahun 1960an tote bag mulai diperkenalkan sebagai bagian dari dunia fashion saat Bonnie Cashin mengeluarkan koleksi Cashin Carry Tote Bags yang praktis namun tetap terkesan trendy. 

Seperti kita ketahui tote bag merupakan sejenis tas berbentuk persegi yang masuk kedalam kategori tas jinjing. Meski pada awalnya banyak dibuat dari bahan kain kanvas yang memiliki karakteristik tebal dan kuat namun pada perkembangannya tote bag tersebut mulai dibuat dari bahan sintetis, seperti nylon, bahan kulit, hingga bahan daur ulang yang sesuai dengan konsep green life.